Artikel
Pendidikan nilai dalam menghadapi tantangan perubahan pada peserta didik SMA :
Penelitian ini untuk mengungkap pendidikan nilai, alasan diberikan di sekolah, cara membelajarkan, dan dukungan dari berbagai pihak. Penelitian menggunakan teknik Delphi. Informan adalah guru, pemuka agama, ahli pendidikan, pengembang kurikulum mata pelajaran agama, dan penentu kebijakan. Hasilnya, adalah 1)peserta didik memerlukan: nilai religiusitas sebagai dasar berhubungan dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam sekitar; nilai kemandirian sebagai dasar dalam menghadapi perkembangan jaman; nilai kesusilaan sebagai dasar agar tidak terjadi krisis moral; 2)pelaksanaan melalui pernyataan dan perbuatan sehari-hari, di rumah, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara, dan lainnya; 3)usaha dari pihak lain, dengan pembiasaan, keteladanan, penghargaan, dan kerjasama orang tua; integrasi mata pelajaran, sinergi media massa dengan lembaga yang berkepentingan: dilakukan dengan sistem yang berkesinambungan dan taat azas.ifa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain