Skripsi
Fa'aliyah istikhdam wasa'il i'lam al 'ab qafz al kalimah li tarqiyah maharah kalam talamidz al fashl al sabi' bi al Madrasah al Mutawasithah al Islamiyah al hukumiyah Glagah Lamongan/Linda Luthfiyatun Nisa'; Junaedi
Terpilihnya judul tersebut didasarkan atas asumsi bahwa kemampuan berbicara bahasa arab sangat penting dalam pembelajaran bahasa arab, karena bahasa itu adalah berbicara, dan dalam penelitian ini membahas tentang bagaimana efektivitas penerapan media loncat kata untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara berbahasa arab, adapun dalam penerapan penelitian ini peneliti mengunakan media peramainan dalam bembelajaran, agar rnmenjadi menyenangkan bagi siswa. pembelararan rnPermasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana rnkemampuan berbicara bahasa arab siswa kelas VII di MTSN Glagah Lamongan, bagaimana penerapan model pembelajaran media permainan “Loncat Kata”, serta bagaimana efektifitas penerapan media permainan “Loncat Kata” untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab siswa kelas VII di MTSN Glagah Lamongan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan tingkat kemampuan berbicara bahasa arab siswa sebelum dan sesudah diterapkannya media permainan”Loncat Kata” dikelas VII-B di MTSN Glagah Lamongan. Penelitian ini bersifat kuantitatif, rndan siswa kelas 1 sebagai popolasi, sedangkan siswa kelas VII-B sebagai subjek penelitian. metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, Dokumentasi, Angket dan tes dengan menggunakan analisis rumus “prosentasi” untuk mengetahui tingkat pengaruh dari media permainan “Loncat Kata” (Variabel X) dan tingkat kemampuan berbicara bahasa Arab siswa (variabel Y). Sedangkan rumus T-Test dengan mengunakan SPSS diterapkan untuk mengetahui rnada atau tidaknya pengaruh dari penerapan media permainan “loncat kata” terhadap peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab. rnHasil penelitian menunjukkan bahwa adanya efektifitas penerapan media permainan “Loncat Kata” untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab siswa kelas VII di MTSN Dlagah Lamongan. Hal ini dapat dilihat dari nilai Uji T lebih besar daripada nilai T-tabel (2,042 > 9,237), yang berarti Ho ditolak dan Ha rnditerima. rn
T-2013/PBA/034 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain