Skripsi
Peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab materi istima’ melalui media berbasis ICT kelas IV MI Ma’arif Pademonegoro Sidoarjo
Penulis tertarik untuk menerapkan Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab Materi Istima’ melalui Media Berbasis ICT Kelas IV MI Ma’arif Pademonegoro Sidoarjo, dikarenakan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab rendah. Pada realitanya, guru tidak pernah menggunakan media yang menarik dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat mengakibatkan minat belajar siswa rendah. Menyikapi permasalahan di atas, perlu dikembangkan media yang tepat dan menarik. Media berbasis ICT program slide power point hyperlink sebagai salah satu media yang berkembang pada zaman modern, yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan.rnBeranjak dari permasalahan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas IV di MI Ma’arif Pademonegoro Sidoarjo sebelum diterapkan media berbasis ICT?, (2) Bagaimana penerapan media Berbasis ICT dalam pembelajaran bahasa arab materi istima’ kelas IV di MI Ma’arif Pademonegoro Sidoarjo?, dan (3) Bagaimana peningkatan minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa arab materi istima’setelah guru menerapkan media Berbasis ICT MI Ma’arif Pademonegoro Sidoarjo?rnPenelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dikatakan demikian karena melibatkan angka-angka terhadap perhitungan hasil presentase minat belajar siswa. Data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif.rnDari hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis ICT program slide power point hyperlink terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa arab materi istima’ MI Ma’arif Pademonegoro Sidoarjo. Hasil observasi lapangan menunjukkan adanya peningkatan minat dari pra PTK ke siklus I sebesar 17,1%, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 16,1% dan dari pra PTK sampai siklus II meningkat sebesar 33,2 %. Dalam bentuk aplikasi dari media berbasis ICT terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab di MI Ma’arif Pademonegoro Sidoarjo.rn
T-2013/PGMI/074 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain