Skripsi
Peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaranrnIPA dengan strategi Think Pair Share di kelas V SDN Bulurejo BenjengrnGresik.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini diduga karena strategi yang digunakan oleh guru kurang efektif dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode langsung yaitu ceramah. Padahal minat belajar siswa dapat dibangun dengan strategi-strategi yang tepat dan efektif. Jika seorang guru mempunyai wawasan yang mantap tentang strategi-strategi pembelajaran yang sesuai untuk tercapainya tujuan belajar. Maka guru akan mampu mengelola kelas dan melakukan perubahan dalam proses pembelajarannya. Untuk itu, peneliti tawarkan sebuah strategi yang cocok untuk permasalah tersebut yaitu dengan strategi Think Pair Share (TPS). rnrnRumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Bulurejo Benjeng Gresik sebelum diberi tindakan, (2) Bagaimana implementasi strategi Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Bulurejo Benjeng Gresik, (3) Bagaimana peningkatan minat belajar siswa melalui strategi Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Bulurejo Benjeng Gresik.rnrnBerdasarkan jenis data yang diambil dan dikumpulkan dari lapangan, penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan penelitian yang bersifat campuran atau yang lebih dikenal dengan mixed method. Metode gabungan mixed methods berkaitan dengan penggunaan metode lebih dari satu dalam satu kegiatan riset atau lebih yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Model penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas ini adalah model PTK dari Kemmis dan Robhin Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bulurejo Benjeng Gresik yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan validitas isi dengan pendekatan expert judgement. Uji reliabilitas dalam penelitian ini mendapat derajat reliabel dengan nilai Standardized Item mencapai 0,690.rnrnrnrnHasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Berdasarkan hasil angket minat belajar siswa kelas V SDN Bulurejo Benjeng Gresik sebelum diberi tindakan mendapat nilai rata-rata sebesar 59,3 (cukup baik), (2) Penerapan strategi Think Pair Share dalam penelitian ini dilaksanakan dengan baik pada siklus I dan siklus II dan ada perbaikan pada setiap siklusnya dengan nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 67,2% (cukup baik) pada siklus I, kemudian 82,8% (baik) pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata aktivitas guru meningkat dari 62% (cukup baik) menjadi 86% (baik). (3) Untuk peningkatan minat belajar siswa melalui strategi Think Pair Share (TPS) dapat diketahui dari observasi aktifitas siswa dan hasil angket sesudah diberi tindakan yaitu 83,7 (baik). Jadi prosentase hasil angket minat belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu dari 59,3 (cukup baik) sebelum diberi tindakan menjadi 83,7 (baik) setelah diberi tindakan.rn
T-2013/PGMI/051 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain