Skripsi
Peningkatan hasil belajar melalui metode membaca nyaring pada pelajaran bahasa Indonesia kelas I SDN Dawuhan Kidul Papar Kediri
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh siswa SDN Dawuhan Kidul bahwa anak yang mengalami kesulitan membaca memiliki kemampuan membaca yang rendah. Mengingat hal tersebut, penanganan kesulitan membaca sangat diharapkan, karena aktivitas belajar pada anak dimulai dari bagaimana individu membaca, dan proses membaca buku akan sangat dipentingkan bagi anak untuk kehidupan mendatang. Bagi anak yang tidak mampu membaca akan ketinggalan banyak informasi. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah hasil belajar dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa di SD Negeri Dawuhan Kidul Kecamatan Papar Kabupaten Kediri.rnrnRumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah Penerapan Metode Membaca Nyaring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SDN Dawuhan Kidul Papar Kediri? (2) Apakah Dengan Menggunakan Metode Membaca Nyaring Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SDN Dawuhan Kidul Papar Kediri. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk meningkatkan hasil belajar membaca siswa dengan menggunakan Metode Membaca Nyaring pada pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN Dawuhan Kidul Papar Kediri. (2) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar membaca siswa dengan menggunakan Metode Membaca Nyaring pada pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN Dawuhan Kidul Papar Kediri.rnrnDalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait tugas-tugas atau karya siswa. Sedangkan observasi dan tes digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran siswa serta hasil belajarnya.rnrnSetelah penulis mengadakan penelitian tindakan kelas dengan meggunakan metode membaca nyaring akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SDN Dawuhan Kidul Papar Kediri. Hasil belajar siswa pada tes awal nilai hasil belajar rata-ratanya adalah 58,29% setelah mendapat tindakan yaitu pada siklus 1 nilai rata-rata 67,43% dan persentase ketuntasan belajarnya 40% sedangkan pada siklus 2 rata-rata
T-2013/PGMI/073 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain