Skripsi
Korelasi pembelajaran seni baca al-Qur’an melalui metode Jibril dengan penguasaan materi tilawah anggota IQMA IAIN Sunan Ampel Surabaya
Skripsi ini meneliti tentang efektivitas pembelajaran seni baca Al-Qur’an melalui metode Jibril dalam penguasaan materi tilawah anggota IQMA IAIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini dilatar belakangi karena unsur proses belajar memegang peranan yang sangat penting atau vital dalam proses belajar mengajar. Dengan pembelajaran seni baca Al-Qur’an melalui metode Jibril diharapkan anggota IQMA akan mampu mengusai materi tilawah sehingga lebih mudah memahami lagu-lagu dalam seni baca Al-Qur’an serta mengaplikasikan ke dalam ayat Al-Qur’an.rnDalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana pembelajaran seni baca Al-Qur’an melalui metode Jibril, bagaimana penguasaan materi tilawah, serta bagaimana korelasi pembelajaran seni baca Al-Qur’an melalui metode Jibril dengan pengusaan materi tilawah anggota IQMA IAIN Sunan Ampel Surabaya?rnAdapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan pembelajaran seni baca Al-Qur’an, untuk mengetahui dan mendiskripsikan penguasaan materi tilawah, untuk mengetahui ada tidaknya korelasi pembelajaran seni baca Al-Qur’an melalui metode Jibril dengan pengusaan materi tilawah anggota IQMA IAIN Sunan Ampel Surabaya.rnUntuk mengetahui rumusan masalah yang pertama dan kedua peneliti menggunakan metode diskriptif dengan menggunakan rumus prosentase yang kemudian didiskripsikan, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga peneliti menggunakan rumus produc moment. Berdasarkan hasil dari penyajian data dan analisa data diperoleh korelasi pembelajaran seni baca Al-Qur’an melalui metode Jibril dengan penguasaan materi Tilawah anggota IQMA IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah tergolong cukup atau sedang. Hal ini terbukti dari data angket bahwa pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an melalui metode jibril IQMA IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah tergolong “Cukup”. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah dianalisa peneliti dengan hasil prosentase 69,7% berada di antara 56% - 75%. Adapun tentang Penguasaan Materi Tilawah Anggota IQMA IAIN Sunan Ampel Surabayadalah tergolong “Cukup Baik”. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah dianalisa peneliti dengan hasil prosentase 68,9% berada di antara 56% - 75%.rnDalam pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an melalui metode jibril terhadap penguasaan materi tilawah IQMA IAIN terdapat korelasi yakni berpengaruh. Hal ini terbukti berdasarkan analisa data yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang menghasilkan nilai positif dan nilai hasil df= 38 angka tersebut tidak ada dalam interpretasi ”r” ”product moment”, maka dicari angka yang paling mendekati yaitu 50, apabila dikonsultasikan pada tabel ”r” product moment maka dapat diketahui df sebesar = 38, jika dikonsultasikan pada taraf signifikan 5 % = 0,320 dan pada taraf 1% = 0,413.rnDari hasil signifikansi 5% dan 1% dapat diketahui bahwa ”rxy” lebih besar dari ”rt” dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesa kerja (Ha) yang menyatakan bahwa pembelajaran seni baca Al-Qur’an melalui metode Jibril sangat berpengaruh terhadap terhadap penguasaan materi Tilawah anggota IQMA IAIN Sunan Ampel Surabaya diterima. Dan hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan bahwa pembelajaran seni baca Al-Qur’an melalui metode Jibril tidak berpengaruh terhadap terhadap penguasaan materi Tilawah anggota IQMA IAIN Sunan Ampel Surabaya ditolakrn
T-2013/PAI/213 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain