Skripsi
Implementasi metode resitasi dalam pembelajaran PAI pada rnsiswa kelas VIII di SMP Ma’arif NU 3 Taman Sareh Sampang Madura
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana rnimplementasi metode resitasi dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII di SMP Ma’arif NU 3 Taman Sareh Sampang Madura, (2) Bagaimana hambatan implementasi metode resitasi dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII di SMP Ma’arif NU 3 Taman Sareh Sampang Madura, (3) Bagaimana upaya memaksimalkan implementasi metode resitasi dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII di SMP Ma’arif NU 3 Taman Sareh Sampang Madura rnTujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui bagaimana penerapan metode resitasi dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII di SMP Ma’arif NU 3 Taman Sareh Sampang Madura, (2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode resitasi dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII di SMP Ma’arif NU 3 Taman Sareh Sampang Madura, (3) Mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi kendala pada penerapan metode resitasi dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII di SMP Ma’arif NU 3 Taman Sareh Sampang Madura. rnSetelah melakukan penelitian maka Hasil yang didapat adalah (1) Implementasi metode resitasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam SMP Ma’arif NU 3 Taman Sareh Sampang Madura telah berjalan cukup baik, hal ini terbukti banyak siswa yang ikut aktif dalam proses pembelajaran dari awal sampai selesai karena semuanya telah diatur dan siswa dilibatkan secara langsung rndan aktif (2) Implementasi metode resitasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Ma’arif NU 3 Taman Sareh Sampang Madura ada beberapa faktor yang mendukung diantranya peran pendidik, peserta didik, orang tua siswa, lingkungan pendidikan dan, media pendidikan sedangkan faktor penghambatnya adalah Guru kurang pengalaman karena implementasi metode resitasi baru rnberjalan dua tahun, beragamnya peserta didik, dan Gangguan belajar dari luar peserta didik, misalnya ; faktor keluarga, lingkungan tempat tinggal, dan pergulan (3) Upaya atau usaha yang dilakukan SMP Ma’arif NU 3 Taman Sareh Sampang Madura dalam mengatasi hambatan tersebut dengan beberapa cara, yaitu meningkatkan sumber daya guru dengan mengirim para guru untuk rnmengikuti penataran-penataran dan seminar-seminar, Siswa diberi pelajaran tambahan atau intensif terhadap pengetahuan agama diluar jam yang ada dan Penyediaan media belajar yang variasi, para guru menggunakan media belajar yang ada diperpustakaan dan kepala sekolah membeli buku-buku ilmiah untuk menambah pengetahuan para guru, Memberikan pelajaran dengan menggunakan rnmetode resitasi (penugasan secara langsung) serta menggunakan media pembelajaran yang berbeda, Belajar mandiri atau memberikan bimbingan secara khusus baik di kelas maupun di perpustakaan, yang penting rasa aman dan nyaman tujuannya agar siswa dapat menerima pelajaran tersebut, Memberi tugas atau latihan yang bertujuan agar lebih mendalami materi atau kompetensi dasar ( rnKD ) pada bab yang telah di sampaikan, Belajar kelompok atau dengan cara belajar dari teman yang lebih pintar ( tutor sebaya )
T-2013/PAI/115 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain