Skripsi
Hubungan antara pelaksanaan metode diskusi dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMPN I Sukodono Sidoarjo
Pendidikan Agama Islam adalah usaha maksimal untuk menentukan kepribadian siswa berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah di gariskan dalam Al-Qur’an dan As-sunnah. Hal ini berarti bahwa pendidikan agama Islam memerlukan metode pembelajaran dan harus mendapat perhatian yang seksama dari pendidik agama karena memiliki pengaruh yang sangat berarti atas keberhasilannya. Metode diskusi merupakan salah satu metode yang dapat di gunakan dalam pembelajaran PAI, karena dengan menggunakan metode diskusi, siswa akan mempelajari sesuatu melalui cara musyawarah dengan teman-temannya dibawah pimpinan atau bimbingan guru. Hal ini perlu bagi kehidupan siswa kelak, bukan saja karena manusia senantiasa dihadapkan dengan berbagai masalah yang tidak dapat di pecahkan seorang diri, melainkan juga karena melalui kerja sama atau musyawarah mungkin diperoleh suatu pemecahan yang lebih baik. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul “Hubungan Antara Pelaksanaan Metode Diskusi dengan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di SMPN I Sukodono Sidoarjo”.rnTujuan di lakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bagaimana penerapan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN I Sukodono Sidoarjo. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam kategori penelitian deskriptif kuantitatif dan penelitian korelasi. Pendekatan Metode kuantitatif adalah metode penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data yang berupa angka-angka statistik yang dipergunakan untuk menunjukkan semua kenyataan di lapangan diproses dengan menjumlahkan, membandingkan dengan jeli, diharapkan sehingga diperoleh prosentase. Kesimpulan diambil dan disesuaikan dengan permasalahannya Sedangkan Penelitian Korelasi adalah untuk mengetahui persamaan dan perbedaan yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan, dan apabila ada, seberapa eratnya hubungan serta berarti atau tidaknya hubungan itu rnHasil dari penlitian yang di lakukan penulis dapat di simpulkan bahwasannya metode diskusi merupakan salah satu metode yang di gunakan pada pembelajaran PAI dan dapat meningkatkan motivasi pembelajaran siswa di SMPN I Sukodono Sidoarjo. Dan dengan disediakannya media pendukung belajar seperti LCD akan membantu memotivasi siswa-siswi yang kurang senang atau malas dalam mengikuti pembelajaran tersebut.rn
T-2013/PAI/108 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain