Skripsi
Peningkatan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan metode kontekstual pada siswa kelas II Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Randuwatang Kabupaten Jombang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran dikelas dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pada siswa dengan menggunakan metode pendekatan kontekstual di kelas 2 MINRanduwatang kabupaten jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas untuk memperoleh gambaran keefektifan tindakan yang terdiri dari tiga siklus. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kemmis dan mc. Taggart yaitu sistem spiral yang mana dalam satu siklus atau putaran tersendiri dari tempat komponen yaitu : perencanaan, aksi/tindakan dan refleksipada tahap perencanaan dimulai dengan menyiapkan instrumen-instrumen pembelajaran dan pengumpulan data. Metode pengambilan data yang digunakan berupa observasi dan pengamatan. Tahapan selanjutnya adalah melaksanakan tindakan berdasarkan perencanaan yang telah disusun kemudian melakukan pengamatan terhadap siswa dan peneliti oleh seorang observer, setelah itu melakukan refleksi terhadap hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilaksanakannya perbaikan pembelajaran, terjadi peningkatan terhadap hasil kemampuan siswa kelas 2 dalam menulis dengan menggunakan metode pendekatan kontekstual. Sehingga pembelajaran pun terasa lebih menyenangkan. Proses dan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan metode pendekatan kontekstual dalam mengatasi kesulitan menulis siswa kelas 2 dalam pembelajaran.
T-2013/PGMI/029 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain