Skripsi
Dampak penyalahgunaan komputer terhadap kedisiplinan sisw di SD Islam Maryam Surabaya
Komputer merupakan kebutuhan Primer bagi Siswa karena komputer digunakan dalam batas kewajaran yakni mengerjakan tugas-tugas sekolah dan lainnya. Namun menjadi sangat tidak wajar ketika kmputer itu disalahgunakan oleh Siswa-siswinya.rn Komputer yang difasilitasi dengan CD player, mereka gunakan untuk memutar film-film yang kurang pantas dilakukan di lingkungan sekolah, tidak hanya itu komputer yang juga difasilitasi bermacam-macam Game telah melunakkan Siswa untuk terus kecanduan sehingga tidak jarang para Siswa melalaikan kewajiban-kewajiban kesiswaanya.rn Dari penyalahgunaan tersebut, tentunya menjadikan kedisiplinan Siswa dalam mematuhi aturan-aturan resmi sekolah semakin mengalami kemunduran belum lagi dampak lain dari pemutaran film yang tidak senono. Bermain game tentunya juga akan berdampak pada prilaku sosialnya karena kecerdasan intrapersonalnya tidak pernah di asah dan terbentuk manusia egosentris.rn Berdasrkan dari berbagai permasalahan diatas, maka penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian dengan judul “ DAMPAK PENYALAHGUNAAN KOMPUTER TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SD ISLAM MARYAM SURABAYA “.rn Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :rn1. Untuk mengetahui bentuk-bentuk penyalahgunaan komputer di SD Islam Maryam Surabaya.rn2. Untuk mengetahui kondisi kedisiplinan Siswa SD Islam Maryam Surabaya.rn3. Untuk mengetahui adakah dampak penyalahgunaan komputer terhadap kedisiplinan Siswa di SD Islam Maryam Surabaya.rnPenelitian dilakukan di SD Islam Maryam Surabaya dengan jumlah murid yang lebih dari 100 tepatnya 547. Penulis memutuskan untuk mengambil sampel dari tiap kelas sebesar 15%.rnMetode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisa dengan metode analisis data kuantitatif korelasi product moment.rnDari hasil perhitungan korelasi product moment yaitu sebesar 0,612 dimana nilai “ r “ pada tabel ini berarti ada dampak pengaruh yang signifikan dan hubungan tersebut tergolong sedang atau cukup. Terbukti nilai “ r “ hitung dikonsultasikan dengan tabel interprestasi maka nilai “ r “ hitung tersebut berada diantara 0,40 – 0,70rn
T-2013/PAI/149 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain