Skripsi
Efektifitas guru pendamping dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Muhammadiyah 1 Sepanjang
Fokus pene;itian ini adalah menjawab permasalahan: (1). Bagaimana peran guru pendamping dalam membantu peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran PAI di SD Muhammadiyah 1 Sepanjang?. (2) Bagaimanakah efektifitas guru pendamping dalam membantu rnpeningkatan prestasi belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran PAI di SD Muhammadiyah 1 Sepanjang Sidoarjo? rnPenelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dan model penelitian eksperimen ini menggunakan desain eksperimen Pre-Experimental dalam bentuk One-Group Pretest-osttest Design yakni menilai perbandingan antara sebelum dan sesudah dibeikan perlakuan. Dalam hal ini peneliti memberikan sebuah perbandingan nilai terhadap satu kelompok dalam hal ini seluruh siswa kelas 5A SD Muhammadiyah 1 Sepanjang Sidoarjo terhadap pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan guru pendamping. Sesuai dengan permasalahan diatas hasil penelitian ini adalah : (1) Peran guru pendamping di SD Muhammadiyah Sepanjang Sidoarjo adalah membantu mengajar disekolah yang memiliki tugas yang sama namun berbeda fungsi dan implementasi dalam proses pembelajaran dalam kelas sehingga memiliki pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar. (2) Berdasarkan hasil pretest dan posttest guru pendamping memiliki peran yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang dibuktikan pada tabel 4.15 yang memiliki perbandingan 5% lebih baik dari sebelum menggunakan guru pendamping. Hasil nilai uji t-test pada tabel 4.16 berdasarkan perhitungan, maka t hitung jatuh pada penerimaan Ha dan penolakan Ho dimana Uji hipotesis pihak kanan menunjukkan dengan t hitung -1,76 jatuh pada daerah penerimaan Ha
T-2013/PAI/156 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain