Skripsi
Implementasi Lesson Study berbasis sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Sunan Bonang rnParengan Tuban
Bagaimana implementasi lesson study berbasis sekolah pada mata pelajaran fiqih di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban, Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih setelah diimplementasikan lesson study berbasis sekolah di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban?, Apa faktor pendukung dan faktor penghambat lesson study berbasis sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban? Skripsi ini menganalisa bagaimana implementasi lesson study berbasis sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban. Untuk mendapatkan data tentang penjelasan bagaimana landasan dan implementasi lesson study berbasis sekolah di madrasah, peneliti menggunakan dua macam jenis penelitian yaitu library research dan field research. Untuk memperoleh data di lapangan dalam rangka mendeskripsikan dan menjawab fokus penelitian yang sedang diamati peneliti menggunakan metode rnobservasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, madrasah berupaya untuk mengembangkan rnprofesionalisme guru dengan mengimplementasikan lesson study berbasis sekolah. Lesson study berbasis sekolah dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). Guru mata pelajaran Fiqih melakukan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran lain dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran di kelas, observasi kelas dan juga refleksi pembelajaran dengan menerapkan prinsip saling belajar demi keefektifan pembelajaran yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. MTs Sunan Bonang telah mengimplementasikan lesson study berbasis sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. setelah diimplementasikan lesson study berbasis sekolah, sebagian siswa mengalami rnpeningkatan hasil belajar. Siswa yang dulunya kurang bersemangat menjadi semangat dalam pembelajaran Fiqih karena guru memiliki kreatifitas dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Siswa yang belum aktif dalam pembelajaran sudah mulai berani bertanya peningkatan apabila kurang memahami materi. Sebagian siswa juga rnmengalami peningkatan nilai setelah diadakan tes formatif.
T-2013/PAI/160 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain