Skripsi
Implementasi evaluasi nontes pada pembelajaran aqidah akhlak di MI Bahrul Ulum Becirongengor Wonoayu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi evaluasi nontes dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Bahrul Ulum Becirongengor ; 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi evaluasi nontes dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Bahrul Ulum Becirongengor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis non statistik, yaitu menggunakan analisis deskriptif, bukan dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif. rnHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Evaluasi Nontes merupakan penilaian hasil belajar yang nampak pada berbagai tingkah laku siswa. Implementasi evaluasi nontes pada pembelajaran akidah akhlak di MI Bahrul Ulum Becirongengor dapat dilihat dari perhatian siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam, misalnya akidah akhlak, kedisiplinan dalam mengikuti pelajaran agama di sekolah, motivasinya yang tinggi untuk mengetahui lebih banyak mengenai pelajaran agama Islam yang diterimanya, penghargaan atau rasa hormatnya terhadap guru agama pendidikan agama Islam dan lain sebagainya. rnEvaluasi nontes dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Bahrul Ulum Becirongengor meliputi domain: menerima, merespon, menghargai, engorganisasikan nilai, mewatak. Pengembangan klasifikasi menerima, meliputi: memperhatikan dan merespon; merespon ditunjukkan dengan memperoleh sikap responsive, bersedia merespon atas pilihan sendiri dan merasa puas dalam merespon; menghargai ditunjukkan dengan menerima, mendambakan nilai, merasa wajib mengabdi epada nilai; mengorganisasikan nilai ditunjukkan dengan mengkonseptualisasikan nilai, organisasi system nilai; dan mewatak dapat dilihat dari pemberlakuan secara umum perangkat nilai. Kendala yang dihadapi dalam evaluasi nontes adalah faktor waktu dan faktor pembuatan instrumen. Waktu yang digunakan untuk evaluasi nontes adalah jangka panjang, karena tidak dapat dilakukan sekolah (dalam kelas), namun juga dilakukan di luar kelas, misalnya di rumah dan masyarakat dengan melibatkan orang tua. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khazanah ilmu pengetahuan serta masukan bagi aktivitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya. rn
T-2013/PAI/082 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain