Skripsi
Efektivitas penugasan terstruktur terahadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs. YASMU Manyar Gresik
Sekolah, guru, siswa, belajar, dan tugas adalah sebuah adalah sebuah rantai dalam kegiatan pembelajran yang tidak akan pernah bisa dipisahkan. Mereka berhubungan satu sama lain, saling menguatkan dan menunjang.rnTugas, adalah sebuah perangkat lunak dalam kegiatan belajar mengajar, ia sebagai media untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran. Namun begitu, dalam pelaksanaannya tidak bisa dilakukan sembarangan, selalu akan ada undang-undang atau peraturan yang mengaturnya. Yang diatur di dalamnya yaitu berapa porsi tugas yang harus diberikan untuk siswa dalam masing-masing jenjang. Peraturan itu berada dalam KTSP, yang termasuk dalam beban belajar.rnTugas itu sendiri ada yang dikerjakan di dalam dan di luar jam pelajaran, sedangkan tugas yang dibahas di sini adalah tugas yang dikerjakan di luar jam pelajaran. Dalam KTSP tugas ini dinamakan penugasan terstruktur, dalam artian tugas yang dikerjakan di luar jam pelajaran di sekolah dan ada batas waktu yang menetukan kapan terakhir tugas itu dikerjakan. Dengan adanya tugas ini, diharapkan dapat membantu siswa agar semakin memahami pelajarannya.rnTentu saja yang diinginkan dari tugas ini adalah hasil belajar yang memuaskan, yang mencakup kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dari tugas ini, yang mungkin kita lihat mungkin hanya hasil kognitif saja, padahal seharusnya kita bisa melihat lebih dalam lagi, bahwa tanpa adanya kognitif, maka tidak akan ada afektif dan psikomotorik, karena dua hal itu merupakan hasil pengamalan dari kognitif. rnAqidah akhlak, adalah merupakan mata pelajaran yang sangat kental akan afektif dan psikomotorik. Tapi tetap akan membutuhkan kognitif, agar mereka yang akan akan mengamalkan aqidah dan akhlak dalam kehidupan semakin yakin dengan apa yang dilakukannya.rnTugas, dalam hal ini termasuk banyaknya, macamnya, bobotnya, penulis ingin mencari tahu, adakah dari sekian banyaknya tugas yang diberikan guru untuk siswa, bisa efektif dalam membantu siswa dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan, jika ada maka sejauh manakah keefektifannya.rn
T-2013/PAI/059 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain