Skripsi
Pengaruh strategi pembelajaran Point Counterpoint terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada bidang studi fiqih di MTs yatabu Kedinding Surabaya
Penelitian yang berjudul Pengaruh Strategi Pembelajaran Point Counterpoint terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Bidang Studi Fiqih di MTs Yatabu Kedinding Surabaya ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran Point Counterpoint di MTs Yatabu Kedinding Surabaya, bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa di MTs Yatabu Kedinding Surabaya, serta adakah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Point Counterpoint terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada bidang studi fiqih di MTs Yatabu Kedinding Surabaya.rnDesain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Angka-angka yang terkumpul sebagai hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode statistik. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan dari data kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII MTs Yatabu Kedinding Surabaya, yang berjumlah 32 siswa, dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100 maka peneliti mengambil seluruh populasi untuk menjadi sampel jadi penelitian ini termasuk penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes serta lembar angket. Analisis data lembar angket dan lembar tes menggunakan Analisis Deskriptif Kuantitatif dengan Persentase. Sedangkan Analisis data untuk ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran Point Counterpoint terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada bidang studi Fiqih digunakan rumus product moment correlation.rnSetelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa : 1). Penerapan strategi pembelajaran Point Counterpoint di kelas VIII MTs Yatabu Kedinding Surabaya dikategorikan baik, hal ini dapat di lihat dari hasil prosentase yang diperoleh sebesar 86%. 2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bepikir kritis siswa amat baik, hal ini terbukti dari hasil tes menunjukkan angka rata-rata 9. Dari hasil korelasi variabel x dan y yang telah diperoleh sebesar 0,464, ini menunjukkan bahwa rxy lebih besar daripada r tabel baik pada taraf signifikansi 5% (0,349) maupun pada taraf signifikansi 1% (0,449). Maka hipotesa kerja (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Nilai perhitungan rxy yakni 0,464 berada diantara 0,400 – 0,700 menunjukkan adanya pengaruh yang cukup antara variabel x (Strategi pembelajaran Point Counterpoint) terhadap variabel y (kemampuan berpikir kritis siswa pada bidang studi Fiqih). Artinya, pengaruh Strategi pembelajaran Point Counterpoint terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada bidang studi Fiqih di kelas VIII MTs Yatabu Surabaya adalah cukup.rn
T-2013/PAI/217 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain