Skripsi
Problematika dan solusi pembelajaran aqidah akhlak pada materi qadha qadar dalam penanaman nilai-nilai kompetisi serta keimanan pada siswa MTsN Model Pare Kediri
Dalam skripsi ini, penulis membahas tentang “Problematika dan Solusi Pembelajaran Aqidah Akhlak” dengan fokus penelitian pada materi Qadha Qadar di MTsN Model Pare Kediri, yang bertujuan untuk mengetahui problem-problem apa sebenarnya yang dihadapi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak khususnya pada materi Qadha Qadar dan untuk mengetahui solusi dari problematika pembelajaran tersebut dalam hubungannya dengan penanaman nilai-nilai kompetisi dan keimanan untuk meningkatkan kualitas diri peserta didik.rnDitinjau dari tujuan dan sifatnya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu fenomena dengan berpijak pada prosedur-prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku secara holistik (utuh). Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode wawancara (interview), observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi/ simpulan data (conclusion drawing/ verification). Sebagaimana layaknya penelitian kualitatif, analisa data dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan bersamaan dengan pengumpulan data di lapangan.rnDari hasil penelitian dan pengamatan peneliti, problematika pembelajaran Aqidah Akhlak pada materi Qadha Qadar di MTsN Model Pare Kediri terletak pada beberapa komponen pembelajaran yaitu materi/ bahan ajar, faktor guru, lingkungan sosial, dan dari peserta didik sendiri. Solusi dari problematika pembelajaran tersebut untuk menanamkan nilai-nilai kompetisi dan keimanan pada peserta didik, yaitu memperbaiki materi/ bahan ajar sesuai dengan kompetensi dasar dan mencakup semua indikator, menciptakan lingkungan sosial yang kondusif di sekolah. Serta memberikan pandangan tentang nilai-nilai kompetisi dan keimanan pada peserta didik dalam berbagai pendekatan, yakni pendekatan teladan atau contoh dan pendekatan pembiasaan dalam perilaku.rn
T-2013/PAI/165 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain