Skripsi
Implementasi strategi pembelajaran Peer Lessons pada mata pelajaran fiqih dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran Genap Di MA Al-Musthofawiyah Palang Tuban
Dalam proses pembelajaran, untuk mencapai tujuan pembelajaran perlu disusun suatu strategi agar tujuan itu tercapai dengan optimal. Tanpa suatu strategi yang cocok, tepat dan jitu, tidak mungkin tujuan dapat tercapai. Dalam penelitian ini penulis menggunakan strategi peer lessons agar prestasi siswa dalam proses pembelajaran lebih meningkat. Dengan menggunakan strategi pembelajaran peer lessons diharapkan dapat meningkatkan belajar lebih aktif dengan pemberian tugas belajar yang dilakukan dalam kelompok kecil siswa. strategi peer lessons ini dirancang untuk memaksimalkan belajar kolaboratif (bersama) dan meminimalkan kesenjangan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain.rnFokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimanakah Implementasi Strategi Pembelajaran Peer Lessons Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Al-Mustofawiyah Palang Tuban? 2). Bagaimana Prestasi Belajar Siswa Di MA Al-Mustofawiyah Palang Tuban melalui Implementasi Strategi Pembelajaran Peer Lessons pada mata Pelajaran Fiqih? 3). Implementasi Strategi Pembelajaran Peer Lessons Pada Mata Pelajaran Fiqih Secara Efektif Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2012-2013 Di MA Al-Mustofawiyah Palang Tuban?rnAdapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode observasi, interview, serta dokumentasi. untuk mencapai hasil data yang valid dan representatif serta dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah teknik analisis kualitatif deskriptif.rnBerdasarkan dari hasil penelitian melalui berbagai macam metode, hasil yang diketahui tentang implementasi strategi pembelajaran peer lessons sudah berjalan cukup baik, karena dalam penerapannya guru sudah sesuai dengan teori yang ada. serta prestasi siswa juga sudah cukup baik dalam penerapan strategi peer lessons. Ini terlihat dari data yang didapatkan dari hasil pre test dan post test menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi Peer Lessons dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Musthofawiyah Palang Tuban.rn
T-2013/PAI/194 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain