Skripsi
Pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) berkarakter dalam pendidikan Agama Islam di SMP Bina Bangsa rnSurabaya
Berdasarkan tujuan pendidikan yang tertuang dalam Undang-UndanrnRepublik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pemerintah dengan serius berusaha meningkatkan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesi yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan kurikulum yang terintegrasi nilai-nilai karakter. rnProses pengembangan nilai-nilai yang menjadi landasan dari karakter it menghendaki suatu proses yang berkelanjutan, dilakukan melalui berbagai mata pelajaran yang ada dalam kurikulum (kewarganegaraan, sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, bahasa Indonesia, IPS, IPA, matematika, agama, pendidikan jasmani dan olahraga, seni, serta ketrampilan). rnSMP Bina Bangsa adalah salah satu sekolah swasta di Surabaya. Sekola yang beralamatkan di Jl. Siwalankerto Utara II Surabaya ini adalah salah satu sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang terintegras nilai-nilai karakter. Dalam perapan nilai-nilai karakter SMP Bina Bangsa berusahrnsemaksimal mungkin dapat dilaksanakan oleh warga sekolah dalam kehidupan sekolah dan kesehariannya. rnDalam penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengkaji PelaksanaarnKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Berkarakter Dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Bina Bangsa Surabaya, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan terutama pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribad berperilaku baik yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode intervew, observasi, dan documentasi. Analisi yang digunakan adalah analisis kualitatif non statistik dengan analisis deskripti sebagai penyajian datanya. rnDari hasil analisis dibuktikan bahwa pelaksanaan KTSP berkarakter sebagia besar berjalan dengan baik meskipun ada hambatan dan kekurangan. Dalam pelajaran PAI juga sudah terintegrasi nilai-nilai karakter. Hal ini ditunjukkan dengan adanyrnsilabus dan RPP yang sudah mengandung nilai-nilai karakter. rn
T-2013/PAI/151 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain