Skripsi
Analisis keberhasilan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendididikan Agama Islam Di SMA GIKI 3 Surabaya
Skripsi ini meneliti masalah : (1) Apa saja indikator-indikator keberhasilan pendidikan karakter, dan (2) Bagaimana analisis pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA GIKI 3 Surabaya.rnDalam rangka mengkaji rumusan masalah penelitian di atas, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Tahap-tahap penelitian meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA GIKI 3 Surabaya. Sesuai dengan permasalah ini, peneliti menggunakan informan terpercaya, yaitu kepala sekolah SMA GIKI 3 Surabaya, dan guru-guru di SMA GIKI 3 Surabaya.rnHasil dari penelitian ini adalah dalam indikator-indikator keberhasilan pendidikan karakter, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama yaitu peoses atau kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, ada perencanaan, proses pembelajaran, dan evaluasi. Yang harus diperhatikan pertama kali ialah dalam perencanaan, bagaimana seorang pendidik harus membuat perangkat pembelajaran yang berlandaskan pendidikan karakter yang tersusun secara sistematis guna mengarahkan peserta didik pada indikator yang diharapkan. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran terbagi atas tiga tahap, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam pelaksanaan pembelajaran ini, pendidik harus memperhatikan metode dan media yang sesuai guna mendukung tercapainya penanaman nilai-nilai karakter yang diharapkan dari hasil perencanaan yang telah disusun. Dalam pelaksanaan pembelajaran ini, merupakan proses transferisasi nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik. Proses terahir yaitu evaluasi. Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guna mengetahui keberhasilan pendidikan karakter yang telah dilakukan sebelumnya. Selain dalam proses pembelajaran, prinsip-prinsip pendidikan karakter juga harus dipenuhi apabila ingin mencapai pendidikan karakter yang efektif. Selain itu faktor dari dalam diri anak dan lingkungan tempat dia tinggal juga sangat mempengaruhi.rnDalam hasil evaluasi yang dilakukan dapat kita analisis bahwa keberhasilan pendidikan karakter di SMA GIKI 3 Surabaya mencapai angka 85%. Kenapa tidak sampai angka 100%? Karena telah dijelaskan sebelumnya bahwa bukan hanya faktor dalam proses pembelajaran saja yeng mempengaruhi keberhasilan pendidikan karakter, tetapi juga keadaan diri anak tersebut dan juga lingkungannya yang mungkin kurang mendukung keberhasilan pendidikan karakter untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.rn
T-2013/PAI/198 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain