Skripsi
Bimbingan dan konseling Islam dengan rational emotive behavior therapy dalam mengatasi kesenjangan komunikasi antara anak dan ibu tiri di Desa Tanjangawan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik
Fokuspenelitianadalah(1) Apa saja Faktor-Faktor penyebab terjadinya kesenjangan komunikasi antara anak dan ibu tiri di Desa Tanjangawan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik?, (2) Bagaimana proses pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kesenjangan komunikasi antara anak dan ibu tiri di Desa Tanjangawan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik?, (3) Bagaimana hasil pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kesenjangan komunikasi antara anak dan ibu tiri di Desa Tanjangawan kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik?rnrnDalam menjawabpermasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa faktor-faktor yang menyebabkan kesenjangan komunikasi antara anak dan ibu tiri menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan proses dan hasil akhir dari pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kesenjangan komunikasi antara anak dan ibu tiri dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif, yang mana penulis membandingkan data teori dan data yang terjadi di lapangan serta membandingkan kondisi klien sebelum dan sesudahnya.rnDalam penelitian ini disimpulkan bahwa faktor-faktor kesenjangan komunikasi antara anak dan ibu tiri, kehilangan ibu kandung, pernikahan yang terlalu cepat, pemikiran yang salah serta minimnya waktu bersama.Dalam penelitian ini konselor menggunakan Rational Emotive Behavior therapy yang mana peneliti menggunakan 4 teknik yakni teknik pengajaran, teknik persuasif, teknik konfrontasi dan teknik pemberian tugas. Kesemua teknik tersebut dilaksakan secara berurutan 5 kali pertemuan dalam prosesnya. Hasil akhir dari proses konseling dalam penelitian ini cukup berhasil dengan prosentase 75%, yang mana hasiltersebutdapatdilihatdariadanyaperubahan pada sikapatauperilakuklien yang kurangbaikmulaimenjadilebihbaik.rn
D-2013/BKI/030 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain