Skripsi
Bimbingan dan konseling Islam dalam mengatsi disharmoni sebuah keluarga di desa Mojorejo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto
Fokus penelitian adalah tentang (1). Seperti apa disharmoni sebuah rnkeluarga di desa Mojorejo, Pungging, Mojokerto ? (2). Bagaimana proses rnbimbingan dan konseling islam dalam mengatasi disharmoni keluarga di desa rnMojorejo, Pungging, Mojokerto? (3). Bagaimana hasil bimbingan dan rnkonseling islam dalam mengatasi disharmoni keluarga di desa Mojorejo, rnPungging, Mojokerto? rn rnDalam menjawab permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan rndengan menggunakan metode kualitatif, dengan model analisa deskriptif. rnDalam menganalisa Bimbingan dan Konseling Islam ini dengan konseling rnperkawinan dalam mengatasi disharmoni keluarga di desa Mojorejo, rnPungging, Mojokerto, data yang disajikan dalam bab penyajian data yang rndigunakan berupa hasil wawancara dan observasi yang disajikan dalam bab rnpenyajian data dan analisa data. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa rndishoarmoni yang terjadi dalam keluarga ini adalah karena dalam perkawinan rnmereka, istri merasa terpaksa karena di jodohkan oleh kakaknya, selain itu rnistrinya merasa malu karena ada perbedaan status diantara mereka. dari rnpengamatan konselor sebelum melakukan proses konseling, disharmoni yang rnterjadi di keluarga tersebut adalah istri sering berbicara kasar kepada suami, rntidak pernah hormat kepada suami, menjelek-jelekkan suaminya kepada rntetangganya, tidak mau melakukan tugasnya sebagai istri dan sebagainya. rnDalam menangani kasus tersebut konselor menggunakan konseling rnperkawinan, proses konselingnya menggunakan wawancara (bertatap muka rndengan klien) dengan mengarahkan bagaimana berfikir positif dengan rnmenerima segala perbedaan yang terjadi antar pasangan, bisa menerima rnsegala kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri pasangan kita. dan rnberperilaku yang baik dengan tujuan merubah sikap atau perilaku klien. Hasil rnakhir dari proses konseling ini cukup berhasil yang mana dapat dilihat dari rnadanya perubahan sikap atau perilaku klien yang kurang baik mulai menjadi rnbaik.
D-2013/BKI/043 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain