Skripsi
Pelaksanaan teknik homeroom dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa di SMA GIKI 2 Surabaya
Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana mengembangan kecerdasan interpersonal siswa melalui teknik Homeroom yang mana kecerdasan interpersonal termasuk dalam 8 multiple inteligences dipelopori oleh Howerd Gardner. Motivasi yang kuat dan pengajaran yang bagus bisa membantu meningkatkan ranah-ranah kecerdasan yang lemah, putusan harus diambil antara menghabiskan waktu mengembangkan kekuatan-kekuatan seseorang atau memperbaiki kelemahan-kelemahan, sedangkan pengembangan merupakan serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman, dan juga merupakan suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi yang kompleks. Pengembangan kecerdasan interpersonal dilakukan karena pada saat ini hubungan sosial siswa sudah sangat rendah siswa lebih cenderung individualis, sudah jarang ditemukan lagi kerja sama antara siswa oleh sebab itu peneliti melakukan pengembangan kecerdasan interpersonal siswa melalui teknik Homeroom yang dilakukan di Kelas X.1 SMA GIKI 2 Surabaya.rnPenelitian ini menggunakan metode kulitatif dalam hal ini peneliti memberikan tes skala kecerddasan interpersonal setelah itu melakukan teknik Homeroom yang diisi dengan permainan berupa pengembangan kecerdasan interpersonal rnBerdasarkan dari penelitian ini adalah adanya respon baik terhadap pengembangan kecerdasan siswa melalui teknik Homeroom, sebelum dilaksanakannya teknik Homeroom siswa lebih memilih bersama teman satu kelomponya saja, apabila dikumpulkan dengan kelompok yang lain/ tempat yang lain siswa enggan untuk berinteraksi, siswa memilih untuk mutup diri, hasil ini diperoleh dari instrumen sebelum melakukan teknik Homeroom berupa menulis teman dekatnya. Sedangkan setelah melakukan teknik Homeroom siswa bisa lebih terbuka dengan teman yang lain mereka saling memberi umpan balik seperti ketika siswa saling shering tentang dirinya yakni menilai sifat positif dan negatif pada dirinyarn
T-2013/KI/044 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain