Skripsi
Peran kepala sadrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah al-Amin Sawah Pulo Surabaya
Kepala Madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala Madrasah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana. Hal tersebut menjadi lebih penting sejalan dengan semakin kompleksnya tuntutan tugas Kepala Madrasah, yang menghendaki dukungan kinerja yang semakin efektif dan efisien. Kinerja seseorang terhadap pe¬kerjaan tertentu dalam kurun waktu tertentu dapat diukur berdasarkan ke¬mampuan dan komitmen. Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru secara ke¬seluruhan mencakup pada: penguasaan bahan ajar oleh guru, kemampuan guru mengelola pembelajaran dan komitmen guru dalam menjalankan tugas dalam men¬jalankan tugas.rnSkripsi ini adalah hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Sawah Pulo Surabaya dan apa faktor pendukung dan penghambat Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Sawah Pulo Surabaya? Data penelitian dihimpun melalui metode pengumpulan data (interview, observasi dan dokumentasi) serta menentukan instrumen yang sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti dan selanjutnya dianalisa dengan analisis selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.rnHasil penelitian menyimpulkan bahwa Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Al-Amin Sawah Pulo Surabaya dapat tercapai dengan memprioritaskan madrasah dalam : penguasaan bahan ajar, kemampuan mengelola pembelajaran dan komitmen menjalankan tugas. Faktor-faktor yang menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja guru di MI Al-Amin Sawah Pulo Surabaya: sikap jujur guru, penghargaan terhadap hasrat dan kebutuhan guru untuk maju, iklim komunikasi demokrasi yang serasi dan manusiawi antara pimpinan dan karyawan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja guru di MI Al-Amin Sawah Pulo Surabaya: volume upah kerja yang belum memenuhi kebutuhan guru, Keterbatasan sarana yang menunjang bagi kesejahteraan mental dan fisik, suasana mengajar yang kurang menggairahkan.rn
T-2013/KI/055 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain