Skripsi
Pengembangan pembelajaran matematika dengan metode integrasi mind mapping dan concept mapping pada materi aljabar kelas VII di MTS Sunan Kalijogo Surabaya
Sebuah pembelajaran matematika yang baru digunakan adalah pembelajaran dengan berbasis metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping. Pembelajan ini sangat efektif untuk membangun pemahaman siswa mengenei materi operasi pecahan aljabar. Karena dalam penggunaan metode pembelajaran tersebut, siswa berperan aktif dengan melalui membangun pemahaman siswa, berdiskusi dengan teman dalam kelompok kecil yang telah dibentuk, dan mendiskusikan bersama di kelas. Atas alasan inilah, penulis termotivasi untuk mengadakan penelitian di Mts Sunan Kalijogo Surabaya kelas VII.rnUntuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain, (1) Bagaimanakah proses pengembangan pembelajaran matematika dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping pada materi aljabar kelas VII di MTs Sunan Kalijogo Surabaya, (2) Bagaimanakah kevalidan perangkat pembelajaran dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping, (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa sesudah dilaksanakanya pembelajaran matematika dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping, (4) Bagaimanakah minat dan respon siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran matematika dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping pada materi operasi pecahan aljabar, (5) Bagaimanakah keefektifan pembelajaran matematika dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping.rnUntuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan masalah tersebut, maka penulis menggunakan lima intrumen pengumpulan data, yaitu RPP, LKS, Soal Test, penyebaran angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus Pre-Test dan Post-Test, serta menggunakan uji t.rnAdapun hasil penelitian yang didapat yaitu (1) bahwa proses pembelajaran dengan metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping meniliki tiga tahap, yaitu define berupa tujuan (siswa dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perangkatan pada pecahan aljabar), design berupa LKS (sangat memuaskan), dan develop berupa RPP (dinilai baik) (2) Perangkat pembelajaran dinilai valid. (3) Nilai siswa dikategorikan baik sesudah dilaksanakanya metode integrasi Mind Mapping dan Concept Mapping. (4) sedangkan respon siswa termasuk dikategorikan baik baerdasarkan jawaban angket siswa sebesar 80,22 % siswa berminat dan merespon, sedangkan siswa kurang berminat dan kurang merespon sebesar 19,78 %. (5) Pembelajaran matematika dengan metode integrasi mind mapping dan concept mapiing dikatakan sangat efektifrn
T-2013/PMT/040 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain