Skripsi
Peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran task style pada siswa kelas V MI Darul Ulum Medaeng, Waru, Sidoarjo
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi sifat-sifat cahaya yang disebabkan karena adanya dugaan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi.rnTujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui prestasi belajar pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di MI Darul Ulum Medaeng, Waru, Sidoarjo sebelum diterapkannya model pembelajaran Task Style, (2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Task Style dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di MI Darul Ulum Medaeng, Waru, Sidoarjo, (3) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di MI Darul Ulum Medaeng, Waru, Sidoarjo melalui penerapan model pembelajaran Task Style.rnPenelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model PTK Kurt Lewwin. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Ulum Medaeng, Waru, Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 31 yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Dalam penelitian ini, teknik pencarian data yang peneliti gunakan yaitu: wawancara, observasi dan pemberian tes kepada subjek penelitian. Sedangkan untuk proses analisis hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif.rnHasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) prestasi belajar siswa di kelas V MI Darul Ulum Medaeng Waru Sidoarjo pada mata pelajaran IPA sebelum diberikan tindakan berupa model pembelajaran Task Style dapat dikategorikan kurang baik. Hal ini dapat dilihat pada tes formatif siswa. Pada data tersebut dapat dilihat bahwa dari 31 siswa hanya 14 siswa yang mendapat skor di atas KKM yakni 75 dengan nilai rata-rata 74,71 dan prosentase ketuntasan 45,16%, (2) penerapan model pembelajaran Task Style pada siswa kelas V MI Darul Ulum Medaeng Waru Sidoarjo terlaksana cukup baik pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran. Di mana pada siklus I aktivitas siswa mendapatkan prosentase 65% sehingga dapat dikategorikan cukup baik dan pada siklus II meningkat menjadi baik dengan prosentase 83%, (3) prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Task Style pada siswa kelas V MI Darul Ulum Medaeng Waru Sidoarjo pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya mengalami peningkatan, yaitu dengan nilai rata-rata kelas 75,48 dengan prosentase ketuntasan 67,74% pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas 81,29 dengan prosentase ketuntasan 90,32%. Hal di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Task Style dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik.rn
T-2013/PGMI/079 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain