Skripsi
Peningkatan hasil belajar IPA materi cahaya dan Sifat- Sifatnya melalui strategi discovery pada siswa kelas V MI al- Fithrah Kenjeran Surabaya
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) merupakan pembelajaran yang rntidak hanya verbal tetapi juga faktual. Pembelajaran IPA semestinya sesering mungkin melakukan eksperimen atau observasi sehingga pembelajaran yang terlaksana menjadi pembelajaran yang mengharuskan siswa aktif, agar siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Di MI Al-Fithrah Kenjeran Surabaya banyak siswa yang kurang dalam mencapai hasil belajar sesuai dengan indikator pencapaian. Karena masih menggunakan strategi ceramah yang menjenuhkan.Oleh karena itu, perlu adanya suatu strategi pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan strategi discovery strategi ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran IPA karena strategi discovery ini disajikan dalam bentuk cukup sederhana, fleksibel, dan mandiri. rnTujuan utama penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penerapan strategi rndiscovery dalam peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Al- Fithrah rnKenjeran Surabaya. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Al-Fithrah Kenjeran Surabaya dengan strategi discovery. rnMetode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model rnKemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa MI Al- Fithrah rnKenjeran Surabaya Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2012 2013. Tindakan yang rndiberikan adalah strategi discovery. Tindakan ini diberikan dalam dua siklus ( siklus I dan siklus II ). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan non tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa, butir soal, rubrik penilaian unjuk kerja. Uji validitas yang digunakan ada dua yaitu uji validitas isi yang dilakukan oleh dua expert judgment, dan uji validitas konstruk melalui program ITEMAN dan uji reliabilitas dengan mengukur alpha cronbrach dan hasilnya realiabel karena nilai alpha cronbachnya mencapai 0, 64. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Penerapan strategi discovery telah dilaksanakan dengan baik. 2) Ada peningkatan hasil belajar siswa dengan rnmenggunakan strategi discovery pada mata pelajaran IPA kelas V MI Al- Fithrah rnKenjeran Surabaya. Hal ini dapat diketahui dari perbandingan menggunakan strategi discovery nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 75 ( cukup baik ), sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 81 ( baik ). Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 70%, sedangkan ketuntasan pada siklus II adalah 90%.
T-2013/PGMI/089 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain