Skripsi
Peningkatan hasil belajar siswa pada operasi hitung pecahan melalui pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) kelas Va MI Islamiyah Kedungmegarih Kembangbahu Lamongan
Pendekatan CTL adalah, yang mana siswa dituntut untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang mereka miliki, dan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengaktifkan siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. rnPenulis menggunakan pendekatan CTL dalam penelitian ini karena materi-materi rnmatematika membahas tentang hubungan manusia dengan alam dan segala rnkeanekaragamannya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari., sehingga rnpendekatan CTL ini dirasa dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih rnefektif. rnJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam rndua siklus. Tujuan penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), 2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa pada operasi Hitung pecahan mata pelajaran matematika kelas VA MI Islamiyah Kedungmegarih Kembangbahu Lamongan dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), 3) Apakah pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. rnData yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang rndiambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, proses dalam pembelajaran dan keaktifan siswa yang diambil dari lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bawa hasil belajar mencapai 88%. Keaktifan siswa selama pembelajaran CTL 92,5%. Hasil proses pembelajaran CTL sudah mencapai indicator keberhasilan dengan perolehan skor 65 atau 90% dari skor idealnya adalah 72. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA MI Islamiyah Kedungmegarih Kembangbahu lamongan
T-2013/PGMI/054 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain