Skripsi
Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab melalui media flashcard pada siswa kelas V MI Bustanul Ulum Sumobito Jombang
Flashcard merupakan media visual dalam bentuk kartu yang biasanya berisi rnkombinasi gambar dengan kata-kata. Flashcard dimainkan dengan diperlihatkan rnkepada siswa sekilas sambil menyebutkan mufradatnya. rnUntuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian rntindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Dan dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab, peneliti mengambil tindakan pembelajaran dengan menggunakan media Pembelajaran Flashcard yang dilakukan dengan dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes. Adapun data yang diperoleh di analisis secara deskriptif dan di analisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar. rnHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penguasaan kosakata siswa sebelum rnmenggunakan flashcard sangat rendah. Terbukti dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus adalah 44,92 dengan jumlah siswa yang tuntas hanya sebanyak 11,54%. 2) Penerapan media flashcard pada pembelajaran Bahasa Arab berjalan dengan baik melalui perbaikan- perbaikan pada tiap siklus. Dalam PBM dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. 3) Pembelajaran dengan menggunakan media Flashcard dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Arab dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Bustanul Ulum Sumobito Jombang. Dari hasil analisis data, nilai rata-rata siswa pada siklus I meningkat menjadi 71,85 dengan pesentase ketuntasan siswa sebesar 57,69%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 87,56 dengan presentase ketuntasan sebesar 92%. Dari data tersebut dapat dilihat adanya peningkatan yang terjadi antara pra siklus dengan siklus I yaitu 26,93. Sedangkan peningkatan yang terjadi antara siklus I dengan siklus II sebesar 15,71. rnSehingga total peningkatan secara keseluruhan antara pra siklus hingga siklus II adalah sebesar 42,64.
T-2013/PGMI/052 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain