Skripsi
Profil pengajuan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan kognitif impulsif kelas VII di MTS Jabal Noer Taman Sidoarjo
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang kebanyakan menurut rnsiswa adalah pelajaran yang sulit. Kesulitan belajar yang timbul tidak semata-rnmata karena materi namun juga berkaitan dengan cara penyampaian materi. Guru rnhendaknya memilih dan menggunakan strategi, pendekatan, dan metode yang rnbanyak melibatkan siswa secara aktif. Pada penelitian ini model pembelajaran rnkooperatif yang akan digunakan adalah model learning cycle 7-E dan learning rncycle 5-E. rnPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa rnsetelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 7-E, learning cycle 5-E, dan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian percobaan (experiment research), karena pada penelitian ini terdapat perlakuan khusus terhadap variabel-variabel yang diteliti. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengolahan data, dan pembahasan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, data yang diperoleh berupa nilai/angka kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Anova One Way dan dilanjutkan dengan uji berganda yaitu uji Tukey. rnData hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa rnsetelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 7-E adalah 7, (2) rata-rnrata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E adalah 74,9, dan (3) rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran langsung adalah 67. Data dianalisis menggunakan uji Anova One Way yang menghasilkan F > F yang artinya bahwa minimal ada satu yang hit tabel berbeda, kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey yang membandingkan antara beda mean dengan beda kritik. Beda kritik diperoleh 6,6. Berdasarkan uji Tukey diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 7-E dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan learning cycle 7-E dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran langsung, (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran learning cycle 5-E dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran langsung.
T-2013/PMT/041 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain