Skripsi
Upaya peningkatan motivasi belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran IPA materi memahami ciri makhluk hidup dan temapt hidupnya dengan model pembelajaran tipe Jigsaw di MI Hasanuddin Karah Jambangan Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model tipe jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI di MI Hasanuddin Karah Jambangan Surabaya. Penelitian ini menitik beratkan pada motivasi belajar siswa yangrndicapai oleh siswa, aktivitas siswa serta kinerja guru dalam proses pembelajaran.rnPenelitian ini merupakan jenis penelitia n tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan tujuan memprnerbaiki atau meningkatkan mutu urutan pembelajaran . tindakan pada penelitian ini ada enam langkah yaitu: perencanaan,tindakan , observasi, dan 3 siklus.rnHasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil motivasi siswa dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan. Hasil motivasi belajar siswa pada pra siklus, siswa kelas VI sebagai berikut : dari 30siswa yang memperoleh semangat atau termotivasi dalam pembelajaran IPA hanya 9 siswa atau 33% kemudianrnsetelah tindakan siklus I dari 30 siswa ada 15 siswa atau 50% mengalami kenaikan motivasi dalam pembelajaran IPA, begitupunrnpada siklus II dari 30 siswa menjadi 21 siswa atau 67% dan disiklus III pun mengalami kenaikan motivasi belajar yangrnsignifikan dari 30 siswa, 27 siswa atau 87,5% sudah mulai semangat atau termotivasi dalam belajar.rnMotivasi belajar siswa terus mengalami peningkatan pada waktu penelitian berlangsung dari 33% sampai dengan 87,5% dari sinilah peneliti tahu bahwa pembelajaran IPA menggunakan model jigsaw itu sangat membantu motivasi siswa dalam pembelajaran.
T-2014/PGMI/099 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain