Skripsi
Peningkatan ketrampilan menulis tegak bersambung melalui penggunaan buku tulis halus pada siswa kelas I MI Kholid Bin Walid Reno Kenongo Porong
Menulis tegak bersambung merupakan suatu ketrampilan yag terdapatrnpada empat aspek pembe lajaran Bahasa Indonesia dengan cara menggabungkan huruf demi huruf, sehingga membentuk suatu kata dan kalimat. Menulis tegak bersambung membutuhkan kesabaran danrnketekunan pada saat melakukannya.rnMenurut Eko Siswanto (1995/1996) penggu naan contoh dan mediarnbuku tulis halus akan mempermudah siswa dalam menulis baik menulis huruf lepas maupun huruf tegak bersambung sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah tanggalrn1 Juli 1983 tentang penegasan tulisan tangan.rnJenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas.rnSubyek penelitian ini adalah siswa siswi kelas I MI Kholid Bin Walid Reno Kenongo Porong Kabupaten Sidoarjo dengan didampingi oleh salah satu guru senior sebagai teman sejawat atau supervisor 2 / observer.rnPenelitian ini dilakukan mulai awal bulan Oktober 2014 didahului dengan observasi awal, dilanjutkan dengan perencanaan pembelajaran, pelaksa naan, observasi per siklus dan diakhirirndengan evaluasi. Kegiatan dilaksanaka n 2 siklus, dengan harapan kemampuan menulis tegak bersambung siswa akan meningkat.rnPenelitian berdasarkan permasa lahan bagaimanakah penerapanrnpenggunaan contoh dan media buku tulis halus dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis tegak bernrsambung pada siswa kelas I MI Kholid Bin Walid Reno Kenongo Porong Kabupaten Sidoarjo?rnTujuan penelitian ini adalah menemukan tindakan yang tepat untukrnmeningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis tegak bersambung.rnDari hasil observasi awal, menunjukkan hamper siswa kelas I MI Kholid Bin Walid Reno Kenongo Porong Kabupa ten Sidoarjo belum mampu menulis tegak bersambung dengan baik dan benar. Namun setelah menerapkan penggunaan contoh dan media buku tulis halusrnserta pemberian motivasi per siklusnya,menunjukkan bahwa ktivitas belajar siswa yang semula 47,4% pada siklus 1 meningkat menjadi 94,7% pada siklus 2 dan hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I mencapai 68,4% meningkat menjadi 94,7% pada siklus 2.rnArtinya melalui penggunaan contoh dan media buku tulis halus ketrampilan menulis tegak bersambung siswa MI Kholid Bin Walid Reno Kenongo Porong Kabupaten Sidoarjo mengalami peningkatanrnyang signifikan pada tahun pelajaran 2014/ 2015.
T-2014/PGMI/17 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain