Skripsi
Peningkatan hasil belajar IPS pada materi mata angin bagi siswa kelas III dengan penggunakan metode bermain peran di MI Nahdlatul Athfal Kec. Semampir Surabaya
ABSTRAKrnPada umumnya anak didik sekolah dasar kurang berminat terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial karena dianggap sebagai pelajaran yang membosankan karena harus membaca dan menghafalkan materi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti meminta bantuan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembela-jaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi dengan supervisor terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran. Masalah ter-sebut sebagai berikut.rna. Anak didik mempunyai anggapan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosialrnmerupakan mata pelajaran yang membosankan untuk dipelajari.rnb. Anak didik tidak berani bertanya dan cenderung pasif.rnc. Pengetahuan dan informasi yang diterima siswa masih sebatas produk hafalan.rnd. Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.rne. Guru sering tidak menggunakan metode pembelajaran yang sesuai.rnf. Anak didik tidak dapat menjawab pertanyaan guru.rnBerangkat dari masalah-masalah yang sangat mengganggu dan penghambat pembelajaran anak didik yang bersangkutan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, maka guru mengadakan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan materi terhadap mata pelajaran IPS pada diri anak didik.rnBerdasarkan abtraksi analisis masalah di atas, maka penulis ber-keinginan untuk melakukan penelitian tindakan kelas sebagai alternatif dan prioritas pemecahan masalah dengan judul rnPeningkatan hasil belajar IPS pada materi mata angin bagirnsiswa kelas III dengan menggunakan metode bermain peran di MI Nahdlatul Athfal Kec. Semampir Surabaya tp 2014–2015"rnDari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan padarnpelajaran IPS tematik kelas III dengan materi mata angin. Penulis dapat menarik simpulan sebagai berikut.rn1. Keadaan hasil belajar IPS pada materi Mata Angin siswa kelas III di MI Nahdlatul Athfal
beberapa tindakan ya | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain