Skripsi
Program pendidikan keterampilan muhadharah dalam meningkatkan life skills siswa SMK NU Lamongan
Program pendidikan keterampilan muhadharah dalam meningkatkan Life Skill siswa SMK NU Lamongan sejauh ini berjalan cukup baik. Dalam hidup ini keahlian atau Skill sangat penting karena hal itu mempengaruhi kualitas hidup seseorang. rnTanpa sebuah keahlian ataupun keterampilan manusia kurang bisa atau kurang mampu dalam menghadapai problema hidup. Salah satunya keahlian dalam berbicara didepan umum. Dari latar belakang tersebut maka penulis tertarik mengadakan penelitian tentang pendidikan keterampilan muhadharah dalam meningkatkan Life rnSkill siswa, dengan rumusan masalah sebagai berikut : rnBagaimana pelaksanaan program pendidikan keterampilan muhadharah di SMK NU Lamongan? Apakah program pendidikan keterampilan muhadharah dapat meningkatkan Life Skills siswa SMK NU Lamongan? Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan life skill siswa melalui Program Pendidikan rnketerampilan muhadharah di SMK NU Lamongan? rnDalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Diskriptif kualitatif, karena dengan pendekatan ini penulis bisa memadukan antara fakta dan data untuk menggambarkan aktivitas pelaksanaan kegiatan keterampilan muhadharah di SMK NU Lamongan yang pada selanjutnya bisa menjawab dan menjelaskan rumusan masalah yang di atas. rnDalam pelaksanaan peningkatan life skill siswa muhadharah terlebih dahulu siswa dikenalkan dengan berbagai macam teori dan teknik, dan juga dilakukan langkah-langkah pendidikan keterampilan muhadharah, Dalam hal ini, pihak sekolah lebih menekankan dan fokus pada sebuah keahlian. Dari pelaksanaan tersebut Life Skills siswa dapat meningkat dengan ditandai beberapa indikator,yakni siswa mampu belajar mandiri,menciptakan lapangan kerja sendiri, serta prestasi siswa yang meningkat dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Faktor penghambat dalam rnprogram ini yakni motivasi belajar siswa kurang, lemahnya bakat siswa, lemahnya motivasi orang tua,walikelas dan terbatasnya guru bina. Sedangkan faktor pendukungnya adalah motivasi guru, dukungan kepala sekolah, dukungan pemerintah dan adanya factor peluang di tempat tinggal mereka. rnDengan bekal kecakapan hidup atau life skill yang diperoleh siswa dari sekolah, siswa bisa memperbaiki kualitas hidupnya, karena rata-rata peserta didik atau siswa di SMK NU Lamongan ini adalah anak orang yang kurang mampu dari segi ekonomi jadi membentuk anak yang memiliki bakat dan kreativitas dalam rnhidupnya adalah menjadi prioritas utama sekolah.
T-2014/PAI/118 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain