Artikel
Pengaruh pola asuh orang tua dan kecemasan komunikasi terhadap kepribadian peserta didik
Ada tiga tujuan dari penelitian ini. Pertama, mengetahui pola asuh orang tua, tingkat kecemasan komunikasi, dan kepribadian peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Kudus. Kedua, pengaruh pola asuh demokratis terhadap kepribadian peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Kudus. Ketiga, pengaruh kecemasan komunikasi terhadap kepribadian peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel sebanyak 101 peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Kudus. Hasil penelitian menunjukkan empat poin penting. Pertama, pola asuh peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Kudus termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 92,18. Tingkat kecemasan komunikasi peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Kudus termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 80,85. Sedangkan kepribadian peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Kudus termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 86,62. Kedua, hipotesis adanya pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kepribadian peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Kudus diterima kebenarannya. Hal itu dibuktikan dengan hasil uji model regresi yang nilainya 59,013 + 0,300X1, dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,100. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pola asuh orang tua hanya mempengaruhi kepribadian peserta didik sebesar 10%. Ketiga, hipotesis adanya pengaruh antara kecemasan komunikasi terhadap kepribadian peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Kudus hasilnya diterima. Hal itu dibuktikan dengan nilai hasil uji model regresi sebesar 116,228 - 0,366X2, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,156. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pola asuh orang tua hanya mempengaruhi kepribadian peserta didik sebesar 15,6%. Keempat, hipotesis adanya pengaruh antara pola asuh orang tua dan kecemasan komunikasi secara simultan terhadap kepribadian peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Kudus dapat diterima kebenarannya. Hal itu dibuktikan dengan nilai hasil uji model regresi sebesar 88,165 + 0,316X1 - 0,379X2, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,267. Artinya pola asuh dan kecemasan komunikasi mampu mempengaruhi kepribadian peserta didik sebesar 26,7 %.
Kon 20170400 | J 297.071 Kon | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain