Artikel
Model pengembangan sumber daya manusia guru bahasa inggris di indonesia dari hulu hingga hilir
Berbagai kerjasama multilateral dan kerjasama kawasan sudah dijalin oleh Indonesia. Konsekuensi dari kerjasama ini adalah Indonesia harus siap dengan berbagai kemungkinan terutama persaingan antar negara anggota kerjasama. Dengan kerjasama ini batas geografis antar negara secara de facto akan semakin hilang dan tidak terasa. Guru di Indonesia terutama guru Bahasa Inggris sebagai pencetak SDM yang berkualitas ternyata setelah mengikuti Ujian Kompetesi Guru (UKG) memiliki kualitas yang paling rendah diantara guru bidang studi yang lain. Hal ini menimbulkan keprihatinan. Oleh karena itu, model pengembangan SDM guru Bahasa Inggris dari hulu hingga hilir mutlak diperlukan. Pengembangan dari hulu diantaranya dengan perbaikan input, kurikulum, serta kemampuan komunikasi guru dalam menyampaikan materi. Sedangkan di hilir dilakukan melalui berbagai program yang meliputi induksi, in-service education, in-service training, on-service training, dan lesson study.
Eru 20170461 | J 370.5 Eru | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain