Artikel
Penggunaan media pembelajaran video game ipa untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa
Dalam dunia pendidikan, banyak penelitian empiris telah berhasil menunjukkan bukti bahwa video game memiliki potensi dalam meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi kontroversi besar masih ada pada literatur mengenai pengaruh game yang sebenarnya. Dibutuhkan lebih banyak bukti untuk meyakinkan pendidik dan peneliti mengenai nilai aktual dan efisiensi pembelajaran menggunakan video game. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan game dalam pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep tentang Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan siswa SMP. Game yang digunakan dalam penelitian ini adalah game yang berjudul “Selamatkan Dunia Digital!” yang telah dikembangkan oleh peneliti pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain The one-Group Prettest-Posttest Design untuk memperoleh gambaran penguasaan konsep siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Peningkatan nilai pada pretest dan posttest diasumsikan merupakan efek dari perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai N-gain rata-rata siswa masih dalam kategori rendah, dan pencapaian skor posttest rata-rata siswa juga masih rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan media pembelajaran media video game masih belum dapat memfasilitasi penguasaan konsep IPA siswa pada konsep Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan.
Edu 20180148 | J 370 Edu | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain